Profil PSM Pendidikan Fisika

Program Studi Magister (PSM) Pendidikan Fisika merupakan suatu program studi S2 di Pascasarjana UNP. PSM Pendidikan Fisika didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 239/E/O/2011. Kurikulum yang diterapkan pada PSM Pendidikan Fisika didasarkan pada KKNI  dan OBE yang bertujuan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, unggul  dan produktif. PSM Pendidikan Fisika  menghasilkan lulusan yang bekerja sebagai Dosen di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, Peneliti, Guru Fisika di SMA,  Pengembang dan Wirausaha. 

A. Visi, Misi, dan Tujuan (2020-2024) || (2016-2020)

Visi 2020-2024

Program Studi Magister Pendidikan Fisika menjadi pusat Pendidikan, penelitian dan pengembangan Pendidikan Fisika yang mengintegrasikan pendidikan siaga bencana,teknologi dan komunikasi, sains terpadu dan kearifan lokal yang bermartabat dan bereputasi Internasional

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang pendidikan fisika yang berkualitas untuk menghasilkan kualitas lulusan yang unggul (M1)
  2. Melaksanakan penelitian dan publikasi yang unggul dalam bidang pendidikan fisika (M2)
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan fisika (M3)
  4. Melaksanakan tatakelola yang prima (M4)
  5. Melaksanakan kerjasama lokal, nasional, dan internasionalyang produktif (M5)

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan  dalam bidang Pendidikan Fisika untuk menyelesaikan permasalahan dalam karirnya
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menampilkan keterampilan berpikir kritis, kreatif dan inovatif  untuk menyelesaikan risetnya secara mandiri dan mempublikasikan pada jurnal nasional akreditasi dan jurnal internasional bereputasi
  3. Menghasilkan lulusan yang menampilkan sikap manajerial, kepemimpinan, kolaboratif, dan komunikatif yang beretika untuk mengembangkan diri dalam menunjang pekerjaannya
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri dengan menerapkan prinsip belajar sepanjang hayat melalui studi lanjut level doktor, penelitian, dan kegiatan-kegiatan profesional

Strategi

  1. Peningkatan kuantitas dan kualitas kompetensi mahasiswa dan lulusan secara berkelanjutan
  2. Peningkatan kuantitas dan kualitas isi, proses dan penilaian pembelajaran fisika secara Berkelanjutan
  3. Peningkatan kuantitas dan kualitas mutu dosen dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
  4. Peningkatan kuantitas dan kualitas dana, sarana dan prasarana yang lengkap secara berkelanjutan
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas riset dan pengembangan yang unggul secara berkelanjutan
  6. Meningkatkan dan memperbanyak pemanfaatkan hasil penelitian dalam Pendidikan Fisika secara Berkelanjutan
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi hasil penelitian dalam pendidikan fisika melalui seminar, publikasi, paten dan buku pada tingkat nasional dan internasional secara berkelanjutan
  8. Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pengabdian kepada masyaraka bidang Pendidikan Fisika secara Berkelanjutan
  9. Meningkatkan pelayanan dan tata kelola secara berkelanjutan
  10. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama tingkat lokal, nasional dan internasional secara berkelanjutan

B. Profil Lulusan dan Dekripsi

Penyusunan kurikulum PSM Pendidikan Fisika diawali dengan perumusan profil program studi yang meliputi capaian pembelajaran sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus yang mengacu pada Learning Outcomes (LO) level 8 KKNI. Profil program studi ditetapkan dari studi pelacakan kepada pengguna potensial yang sesuai dengan bidang studi berdasarkan kesepakatan asosiasi program studi sejenis, hasil analisis perkembangan keilmuan dan keahlian, analisis kebutuhan lapangan dan pemangku kepentingan, serta hasil evaluasi kurikulum yang sedang berlaku. Aspek yang perlu menjadi pertimbangan mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang akan dikuasai oleh seorang lulusan. Kesesuaian tersebut dilakukan dengan membandingkan terhadap deskriptor generik KKNI. Kekhasan program studi dapat dibangun melalui penggalian potensi dan keunggulan daerah serta melihat tantangan dan permasalahan ke depan yang dapat dipecahkan oleh kemampuan yang dimiliki lulusan program studi sesuai jenjangnya. Demikian halnya dengan perkembangan berbagai sektor yang muncul di masyarakat harus dapat diakomodasi sehingga turut mewarnai profil. Profil yang telah ditetapkan, akan menjadi dasar dalam perumusan CPL. Berdasarkan uraian maka disusunlah profil lulusan PSM Pendidikan Fisika seperti Tabel 1.

Tabel 1. Profil Lulusan PSM Pendidikan Fisika UNP dan Deskripsi

NoProfil PSM Pendidikan Fisika UNPDeskripsi
1Dosen/PengajarPendidik mata pelajaran Fisika yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang menguasai bidang ilmu fisika, memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, melaksanakan peran sebagai agen pembelajaran seperti fasilitator, motivator, pembimbing, pemacu, perekayasa pembelajaran dan pemberi inspirasi belajar fisika, mampu menerapkan standar proses dengan merencanakan pembelajaran, dan menilai pembelajaran fisika.
2Peneliti Bidang  Pembelajaran FisikaPeneliti yang mengkaji permasalahan pendidikan fisika, menerapkan metodologi penelitian pendidikan untuk menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah dan jurnal ilmiah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informasi.
3Pengembang ICT Pembelajaran FisikaPengembang pengetahuan dan metodologi dalam bidang pengembangan ICT pembelajaran melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
4Pengembang Media Pembelajaran FisikaPengembang  media pembelajaran Fisika mengguna kan software-sotware aplikatif untuk digunakan dalam pembelajaran
5Akademisi, Birokrat/ Pengawas/Wirausaha di bidang PendidikanAkademisi, Birokrat/Pengawas/Wirausaha di bidang Pendidikan yang mampu berdiri sendiri maupun bekerja bersama dengan orang lain untuk meng hasilkan dan menjual produk yang berhubungan dengan kependidikan seperti peralatan eksperimen, laboratorium, bahan pendukung eksperimen bahan ajar, dan media pembelajaran maupun jasa dalam bidang pendidikan seperti bimbingan belajar.

Profil PSM Pendidikan Fisika FMIPA UNP : Download