Program Studi Magister (PSM) Pendidikan Fisika merupakan suatu program studi S2 di Pascasarjana UNP. PSM Pendidikan Fisika didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 239/E/O/2011. Kurikulum yang diterapkan pada PSM Pendidikan Fisika didasarkan pada KKNI yang bertujuan untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dan produktif. PSM Pendidikan Fisika telah menghasilkan lulusan yang bekerja sebagai Dosen di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, Guru Fisika di SMA, Guru IPA di SMP, dan Wirausaha.
A. Visi, Misi, dan Tujuan (2016-2020) || (2020-2024)
1. Visi
Terwujudnya Program Studi Magister yang unggul dan cendikia di bidang Pendidikan Fisika di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2020 berlandaskan Imam dan Taqwa
2. Misi
- Mengembangkan pendidikan yang unggul dan cendikia dalam bidang pendidikan fisika berdasarkan iman dan taqwa.
- Mengembangkan penelitian dan publikasi yang unggul dalam bidang pendidikan fisika.
- Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan fisika
- Meningkatkan tatakelola yang prima
- Meningkatkan kerjasama lokal, nasional, dan internasional
3. Tujuan
- Meningkatkan kompetensi mahasiswa dan lulusan yang unggul dan cendikia berlandasan iman dan taqwa
- Menghasilkan isi, proses dan penilaian pembelajaran fisika yang berkualitas
- Meningkatkan mutu dosen dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
- Menyediakan dana, sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai
- Mengembangkan penelitian yang unggul (kompetitif, inovatif dan berdaya saing) dalam bidang pendidikan fisika
- Memanfaatkan hasil penelitian dalam Pendidikan Fisika untuk pengayaan Ipteks dan pembelajaran, peningkatan mutu, kemajuan dan daya saing bangsa, pemenuhan kebutuhan pembangunan nasional dan perubahan masyarakat berbasis pengetahuan
- Menyebarluaskan hasil penelitian dalam pendidikan fisika melalui seminar, publikasi, paten dan buku pada tingkat nasional dan internasional
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas bidang Pendidikan Fisika untuk menyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat, memanfaatkan teknologi tepat guna, mengembangkan ilmu dan memperkaya sumber belajar.
- Menyediakan tata kelola dengan layanan prima
- Meningkatkan kerjasama tingkat lokal dengan program studi sejenis, Pemerintah Daerah, dunia usaha dan dunia industri yang relevan dengan bidang Pendidikan Fisika
- Meningkatkan kerjasama tingkat nasional Kementerian Nasional, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan organisasi/masyarakat profesi yang relevan dengan bidang Pendidikan Fisika
- Meningkatkan kerjasama tingkat internasional dengan lembaga Pendidikan Tinggi negara lain yang relevan dengan bidang Pendidikan Fisika
B. Profil Lulusan dan Dekripsi
Penyusunan kurikulum PSM Pendidikan Fisika diawali dengan perumusan profil program studi yang meliputi capaian pembelajaran sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan ketrampilan khusus yang mengacu pada Learning Outcomes (LO) level 8 KKNI. Profil program studi ditetapkan dari studi pelacakan kepada pengguna potensial yang sesuai dengan bidang studi berdasarkan kesepakatan asosiasi program studi sejenis, hasil analisis perkembangan keilmuan dan keahlian, analisis kebutuhan lapangan dan pemangku kepentingan, serta hasil evaluasi kurikulum yang sedang berlaku. Aspek yang perlu menjadi pertimbangan mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang akan dikuasai oleh seorang lulusan. Kesesuaian tersebut dilakukan dengan membandingkan terhadap deskriptor generik KKNI. Kekhasan program studi dapat dibangun melalui penggalian potensi dan keunggulan daerah serta melihat tantangan dan permasalahan ke depan yang dapat dipecahkan oleh kemampuan yang dimiliki lulusan program studi sesuai jenjangnya. Demikian halnya dengan perkembangan berbagai sektor yang muncul di masyarakat harus dapat diakomodasi sehingga turut mewarnai profil. Profil yang telah ditetapkan, akan menjadi dasar dalam perumusan CPL. Berdasarkan uraian maka disusunlah profil lulusan PSM Pendidikan Fisika seperti Tabel 1.
Tabel 1. Profil Lulusan PSM Pendidikan Fisika UNP dan Deskripsi
No | Profil PSM Pendidikan Fisika UNP | Deskripsi |
1 | Dosen/Pengajar | Pendidik mata pelajaran Fisika yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang menguasai bidang ilmu fisika, memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, melaksanakan peran sebagai agen pembelajaran seperti fasilitator, motivator, pembimbing, pemacu, perekayasa pembelajaran dan pemberi inspirasi belajar fisika, mampu menerapkan standar proses dengan merencanakan pembelajaran, dan menilai pembelajaran fisika. |
2 | Peneliti Bidang Pembelajaran Fisika | Peneliti yang mengkaji permasalahan pendidikan fisika, menerapkan metodologi penelitian pendidikan untuk menyusun proposal penelitian, melaksanakan penelitian, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah dan jurnal ilmiah dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran fisika dengan didukung kemampuan berbahasa Inggris dan penguasaan teknologi informasi. |
3 | Pengembang ICT Pembelajaran Fisika | Pengembang pengetahuan dan metodologi dalam bidang pengembangan ICT pembelajaran melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji |
4 | Pengembang Media Pembelajaran Fisika | Pengembang media pembelajaran Fisika mengguna kan software-sotware aplikatif untuk digunakan dalam pembelajaran |
5 | Akademisi, Birokrat/ Pengawas/Wirausaha di bidang Pendidikan | Akademisi, Birokrat/Pengawas/Wirausaha di bidang Pendidikan yang mampu berdiri sendiri maupun bekerja bersama dengan orang lain untuk meng hasilkan dan menjual produk yang berhubungan dengan kependidikan seperti peralatan eksperimen, laboratorium, bahan pendukung eksperimen bahan ajar, dan media pembelajaran maupun jasa dalam bidang pendidikan seperti bimbingan belajar. |
Profil PSM Pendidikan Fisika FMIPA UNP : Download