Inovasi UNP: Pembelajaran menggunakan e-modul Berbasis SETS Dapat Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik

Inovasi UNP: Pembelajaran menggunakan e-modul  Berbasis SETS Dapat Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik

Sri Ramadela Putri
Mahasiswa Magister Pendidikan Fisika UNP

Sistem pendidikan adalah strategi atau metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan agar peserta didik dapat secara aktif mengembangakan potensi didalam dirinya. Menurut (Bpkm.go.id,2006) pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memilki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, pengetahuan, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pembelajaran adalah usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri peserta didik (Sadiman dkk,1986).

Pada kurikulum 2013 peserta didik diharapkan memilki kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical-Thinking and Problem-Solving Skills), mampu berfikir secara kritis, lateral, dan sistemik, terutama dalam konteks pemecahan masalah. Saat ini sudah banyak pendekatan pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari peserta didik, salah satunya pendekatan SETS ( Science, Environment, Techonogy, Society) yang dikenal juga salingtemas. Pemahaman dengan pendekatan sains teknologi masyarakat akan menimbulkan kepedulian siswa terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan sains, teknologi, kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Untuk dapat membantu pendidik dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar dibutuhkan sebuah bahan ajar seperti e-modul. Sehingga diharapkan e-modul dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan tetap memperdulikan lingkungan.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh Syafriani,Pd.D Dosen Magister Pendidikan Fisika Universitas Negeri Padang, didapatkan bahwa pembelajaran yang menggunakan e-modul berbasisi SETS mendapatkan respon yang positif dari peserta didik dan pendidik karena dapat menambah sumber belajar bagi peserta didik. e-modul yang digunakan ini juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari peserta didik sehingga pembelajaran di sekolah lebih baik lagi.